BERITA

  • Sejarah Berdiri

    Sejarah Berdiri

    Pada awalnya di Kota Solok hanya baru ada 1 buah SMA Negeri (SMA Negeri 1 Solok sekarang), sedangkan di Kabupaten Solok hanya baru ada 2 buah SMA Negeri yaitu: SMA Negeri Muara Labuh (SMA Negeri 1 Sungai Pagu sekarang) untuk daerah Kabupaten Solok bagian Selatan dan SMA Negeri (SMA Negeri 1 X Koto Singkarak sekarang) untuk daerah Kabupaten Solok bagian utara. Oleh sebab itu para peserta didik tamatan SMP Cupak dan sekitarnya melanjutkan sekolah ke SMA Negeri 1 Solok. Dengan bertambahnya beberapa SMP baru, maka semakin kecil kesempatan peserta didik dari Cupak dan sekitarnya dapat diterima di SMA Negeri 1 Solok tersebut. Berdasarkan kenyataan tersebut, sudah memungkinkan adanya sebuah SMA di bagian Tengah Kabupaten Solok yang peserta didiknya berasal dari Kecamatan Gunung Talang, Kecamatan Lembang jaya, Kecamatan Bukit Sundi dan Kecamatan Kubung.

    Maka berdasarkan pantauan tempat/lokasi sekolah yang dianggap paling strategis maka Unit Gedung Baru (UGB) ini berdiri di Desa Pasar Usang melalui Proyek Peningkatan SMA Propinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 1982/1983. Sebelum UGB ada, awal tahun pelajaran 1982/1983 SMA Cupak merupakan kelas jauh dari SMA Negeri 1 Solok dengan 115 orang peserta didik yang untuk sementara tempat belajar di gedung bekas SD No.1 Cupak  (MTs Muhamadiyah Cupak sekarang) selama 1 tahun dan sebagai Kepala

    Sekolah adalah Drs. Nazir Bustami (Kepala SMA 1 Solok), sedangkan Pelaksana Harian ditugaskan kepada Sudirman (Guru SMA 1 Solok).

     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks